Jumat, 31 Mei 2013

Kenapa Roket Tidak terbakar di Atmosfer Saat Menuju Luar Angkasa?

Mengapa roket dapat menembus ruang hampa udara (Ruang angkasa)?/ Why rockets can penetrate the vacuum (space space)? FOR GENERAL GENERAL

Pertanyaan:

Kenapa roket tidak terbakar di atmosfer saat menuju luar angkasa?






Jawaban:

sebelumnya, diketahui bahwa atmosfer bumi, makin jauh dari daratan, maka atmosfernya makin tipis, dan sebaliknya dari yang kita ketahui diatas maka jika sebuah objek "jatuh" ke daratan, maka ia akan menembus atmosfer yg lebih tebal, ehingga tekanan udara di depan objek akan naik, dan dari rumus fisika, diketahui bahwa makin besar tekanan, maka suhu makin tinggi, sehingga menyebabkoan objek terbakar  namun jika objek menjauhi tanah, maka ia menembus atmosfer yang tipis, sehingga tekananya tidak setinggi objek jatuh, yg menyebabkan suhu tidak setinggi objkek jatuh.


 materi referensi: Pengetahuan-Himpunan Astronomi Amatir Jakarta- Dunia Astronomi

(http://id.answers.yahoo.com) 


Mengapa roket dapat menembus ruang hampa udara (Ruang angkasa)?

(sumber: Rani. Abdul.2007. Seri Pengetahuan Alam. Surabaya:PT AlfathPutra.)
               
                Roket merupakan perlengkapan pesawat luar angkasa yang digunakan untuk astronot untuk terbang ke angkasa luar. Roket juga berguna untuk meluncurkan satelit. Roket dapat meluncur ke angkasa luar karena memiliki daya dorong yang sangat besar. Daya dorong tersebut berasal dari pembakaran bahan bakar dan oksigen yang ada di dalam mesin. Tidak seperti pesawat biasa, roket bergerak lurus ke atas hingga menembus atmosfer dan ruang hampa.

                Sebelum di luncur ke ruang angkasa, roket diuji dahulu seberapa kuat tenaga dorong yang dihasilkan. Para ahli mengamati seberapa besar udara yang dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga dorong yang mampu membawa roket tersebut terbang ke luar angkasa dan kembali ke bumi.

                Peluncuran roket harus dilaksanakan di tempat khusus, karena gemuruh roket dan tenaga dorong sangat besar sehingga tempat yang digunakan untuk menahan semburan api yang merupakan tenaga dorong harus kuat. Biasanya tempat tersebut dibuat dari beton yang berlapis-lapis. Di Amerika Serikat, peluncuran roket dan urusan yang berkaitan dengan luar angkasa ditangani oleh NASA, badan antariksa milik Negara Amerika Serikat.

IN ENGLISH (with google translate Indonesian-english):

Why rockets can penetrate the vacuum (space space)?

(source: Rani. Abdul.2007. Sciences Series. Surabaya: PT AlfathPutra.)

A rocket spacecraft equipment used for astronauts to fly into outer space. Rocket is also useful for launching satellites. Rockets can be slid into outer space because it has a very large thrust. The impetus comes from the combustion of fuel and oxygen that is in the machine. Unlike an aircraft, the rocket moves straight upward to penetrate the atmosphere and vacuum.

Prior to launch into space, the rocket first tested how strong the resulting thrust force. Scientists observed how much air is needed to produce a thrust force that is able to bring the rocket to fly into space and return to earth.

Rocket launch must be carried out in a special place, because the roar of rocket thrust and power so great that a place that used to hold the flame that is the thrust force must be strong. The place is usually made ​​of concrete layers. In the United States, launching rockets and related matters dealt with outer space by NASA, the space agency of the United States belongs.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarmu, bukti bahwa kita saling membutuhkan

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More